Racetrack Menggunakan Etoys

Etoys adalah sebuah software yang digunakan oleh anak usia 3-4 tahun, bahasa pemrograman yang di gunakan berorientasi objek berbasis prototipe digunakan untuk pendidikan . Etoys adalah script model objek untuk objek yang berbeda yang bias berjalan pada platform yang berbeda dan open source . Etoy merupakan sebuah program ramah lingkungan yang dirancang untuk anak-anak. etoy ini merupakan sebuah bahasa pemrograman prototype yang berorienatsi objek dan banyak digunakan didalam bidang pendidikan. Etoy merupakan sebuah model objek scripted untuk objek yang berbeda yang berjalan pada platform yang berbeda dan juga bersifat opensource. Pembangunan etoy terinspirasi dan dirancang oleh Alan Kay dalam sebuah karyanya yang bertujuan untuk memajukan dan mendukung pembelajaran konstruksionis. Pengaruh lain yang membantu dalam pembangunan etoy ini adalah Seymour Papert dengan bahasa pemrograman Logo, Dialek Lisp yang dioptimalkan untuk penggunaan pendidikan dan kerja yang dilakukan di Xerox Palo Alto Research Center, PARC, Smalltalk, HyperCard, dan StarLogo . Promosi dan pengembangan untuk versi Squeak Etoys dilakukan oleh Viewpoints Research Institute yang merupakan sebuah pendidikan AS nirlaba. Sistem Etoys didasarkan pada gagasan diprogram maya entitas berperilaku pada layar komputer. Etoys menyediakan media yang kaya authoring lingkungan dengan model, objek sederhana kuat ditulis untuk berbagai jenis objek yang dibuat oleh pengguna-akhir. Ini termasuk 2D dan 3D grafis , gambar , teks , partikel, presentasi, halaman web, video , suara dan MIDI , kemampuan untuk berbagi desktop dengan pengguna lain di Etoy real-time , begitu banyak bentuk mendalam mentoring dan bermain dapat dilakukan melalui internet . Hal ini multibahasa , dan telah digunakan dengan sukses di Amerika Serikat , Eropa , Amerika Selatan , Jepang , Korea , India , Nepal , Etiopia , dan di tempat lain. Berikut ini adalah merupakan contoh penggunaan dari etoy yaitu racetrack, dimana terdapat sebuah object mobil dan sebuah track. object mobil tersebut akan bergerak sesuai dengan track yang berwarna abu-abu. Bila object mobil tersebut menyentuh object berwarna hijau yang berada di sebelah kirinya maka otomatis object mobil tersebut akan menghindarinya dengan berbelok kekanan dan sebaliknya bila object mobil tersebut menyentuh object berwarna hijau yang berada di sebelah kananya maka otomatis object mobil tersebut akan menghindarinya dengan berbelok kekiri sehingga mobil tersebut akan tetap pada jalurnya ang berwarna abu-abu. Saya akan menjelaskan langkah-langkah membuat racetrack . Ini adalah bentuk flowchartnya :
Langkah-langkah dalam pembuatan Racetrack : 1. Buka Program Etoys Silahkan jika ingin mendownload di http://www.squeakland.org/download/ 2. Pilih make Project 3. Buat objek garis memutar , Pilih Make a painting yang terletak diatas. Jika gambar telah siap klik Keep.
4. Klik kanan pada object, lalu pilih Open viewer for me. 5. Edit Scriptnya
6. Lakukan langkah ke 5 pada garis 7. Lalu buat model mobil 8. Buat Finish Line startRace button dan edit Scriptnya 9. Hasilnya maka akan seperti ini.
http://en.wikipedia.org/wiki/Etoys_%28programming_language%29

Tidak ada komentar: