Game Engine




Game engine adalah sebuah software yang digunakan untuk membangun sebuah game. Mulai dari proses rendering, proses suara, deteksi antar obyek, memasukan script, efek cahaya, afak bayangan, dan lain-lain.
Fungsi utama yang secara khusus disediakan oleh game engine meliputi mesin render (renderer) untuk grafik 2D atau 3D, mesin fisika, deteksi tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen momori, threading, dukungan lokalisasi dan layar grafik. Proses pembuatan game seringkali dihemat oleh sebagian besar developer dengan menggunakan kembali game engine yang sama untuk membuat game yang berbeda.

Game engine biasanya datang dengan berbagai macam jenis dan ditujukan untuk berbagai kemampuan pemrograman. Ada 3 tipe game engine yang ada saat ini, diantaranya :

·         Roll-your-own game engine

Banyak perusahaan game kecil seperti publisher indie biasanya menggunakan engine-nya sendiri. Mereka menggunakan API seperti XNA, DirectX atau OpenGL untuk membuat game engine mereka sendiri. Di sisi lain, mereka kadang menggunakan library komersil atau yang open source. Terkadang mereka juga membuat semuanya mulai dari nol. Biasanya game engine tipe ini lebih disukai karena selain kemungkinan besar diberikan secara gratis, juga memperbolehkan mereka (para developer) lebih fleksibel dalam mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game engine mereka sendiri. Kelemahannya banyak engine yang dibuat dengan cara semacam ini malah menyerang balik developernya. Tower Games Studio membutuhkan satu tahun penuh untuk menyempurnakan game engine-nya, hanya untuk ditulis ulang semuanya dalam beberapa hari  sebelum penggunaannya karena adanya bug kecil yang sangat mengganggu.

·         Mostly-ready game engines

Engine ini biasanya sudah menyediakan semuanya begitu diberikan pada developer/programer. Semuanya termasuk contoh GUI, physiscs, libraries model, texture dan lain-lain. Banyak dari mereka yang sudah benar-benar matang, sehingga dapat langsung digunakan untuk scripting sejak hari pertama. Game engine semacam ini memiliki beberapa batasan, terutama jika dibandingkan dengan game engine sebelumnya yang benar-benar terbuka lebar. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi banyak error yang mungkin terjadi setelah sebuah game yang menggunakan engine ini dirilis dan masih memungkinkan game engine-nya tersebut untuk mengoptimalkan kinerja game-nya. Contoh tipe game engine seperti ini adalah Unreal Engine, Source Engine, id Tech Engine dan sebagainya yang sudah sangat optimal dibandingkan jika harus membuat dari awal. Dengan hal ini dapat menyingkat menghemat waktu dan biaya dari para developer game.

·         Point-and-click engines

Engine ini merupakan engine yang sangat dibatasi, tapi dibuat dengan sangat user friendly. Anda bahkan bisa mulai membuat game sendiri menggunakan engine seperti GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D. Dengan sedikit memanfaatkan coding, kamu sudah bisa merilis game point-and-click yang kamu banget.  Kekurangannya terletak pada terbatasnya jenis interaksi yang bisa dilakukan dan biasanya hal ini mencakup semuanya, mulai dari grafis hingga tata suara. Tapi bukan berarti game engine jenis ini tidak berguna, bagi developer cerdas dan memiliki kreativitas tinggi, game engine seperti ini bisa dirubah menjadi sebuah game menyenangkan, seperti Flow. Game engine ini memang ditujukan bagi developer yang ingin menyingkat waktu pemrogramman dan merilis game-game mereka secepatnya.


Dibawah ini adalah game engine yang sangat populer , yaiutu :.

1.   UNREAL ENGINE 3

Unreal Engine 3 didesai oleh Epic Games pada tahun 2007. Unreal Engine digunakan pada game-game terbaik diantaranya Gear Of War, Unreal Tournament 3, Batman : Arkham City, dan sebagainya.

Kelebihan : UE 3 sudah didukung directX 11 dan OpenGL 4.0. Kemudian sudah didukung penuh high dynamic range rendering, per-pixel lighting, soft shadow, tessellation, multiple reflection modes, bokeh depth of field, advanced rendering, displacement mapping, serta simulasi obyek tubuh.

Kelemahan : Obyek-obyek yang dihasilkan terlihat terlalu mengkilat. Model terasa seperti plastik dan bayangan yang dihasilkan pun juga tidak terlalu bagus.

2.      SOURCE

Source didesain oleh Valve Corporation pada tahun 2004. Souerce Engine merupakan modifikasi dari GoldScr (Gold Source). Yang merupakan pengembangan dari Id Tech 1 Quake tahun 1996. Kemudian Valve merubahnya menjadi Source Engine setelah beberapa kali dikembang ulang.

Kelebihan : Source tidak rewel dan fleksibel dengan kebutuhan spek PC. Tool-tool-nya juga terkenal paling mudah untuk digunakan oleh para developer. Walau kamu membelinya, tetapi kamu juga akan mendapatkan tool moding, camera editor, level animation secara gratis meski ini bukan engine open source.

Kelemahan : Source Engine belum support Direxct 11, hanya support shader model 3.0 dan lemah pada fitur "draw distance". Tidak banyak detil pada gambar, tidak cocok untuk desain lingkungan organik, map-map yang kurang komples, atau karakter-karakter yang kurang real. Tetapi untuk game-game dengan grafis yang simple dan clean, engine ini tampak mantap.

3.        FROSTBITE 2

Game Engine ini hanya digunakan untuk game - game DICE dan EA sendiri sejak dulu, bahkan ketika masih versi 1 dan 1.5.

Pembuatnya adalah DICE (Digital Illusions Creative Entertaiment), adalah perusahaan asal Swedia yang sudah diakuisisi EA.

Kelebihan : Frostbite 2 merupakan engine yang dikembangkan untuk hardware high end. Dan Frostbite 2 saat ini masih menjadi satu-satunya engine yang dapat memanfaatkan kemampuan DirectX 11 dan prosesor 64 bit paling baik. Efek - efek volumetric, ambient, shadow mapping, dan efek - efek lainnya tampi menakjubkan. Tools renderingnya sanggup menghasilkan gambar paling realistis saat ini. Bahkan kamu pun masih menikmati gambar-gambar yang bagus walau pada setting fitur "low".




Game




Dalam kamus bahasa Indonesia “Game” adalah permainan.
Yang berarti Permainan itu merupakan bagian dari bermain dan bermain juga bagian dari permainan keduanya saling berhubungan. sebuah sistem dalam permainan atau game dapat terlihat dari pemain terlibat dalam konflik buatan, disini pemain berinteraksi dengan sistem dan konflik dalam permainan merupakan rekayasa atau buatan, dalam permainan terdapat peraturan yang bertujuan untuk membatasi perilaku pemain dan menentukan permainan.
Dibawah ini ada beberapa pengertian game:

1. Game : Di dalam dunia teknologi informasi istilah ini digunakan untuk sarana hiburan yang menggunakan perangkat elektronik,misalnya menggunakan  Komputer,Handphone,Playstasion,dll.

2. Game online : Game komputer yang dapat dimainkan oleh multipemain melalui internet. Biasanya disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan penyedia jasa online atau dapat diakses langsung (mengunjungi halaman web yang bersangkutan) atau melalui sistem yang disediakan dari perusahaan yang menyediakan permainan tersebut.

3.Game port : Sebuah konektor I/O yang digunakan untuk menyambungkan sebuah joystick atau video game controller yang lain. Game port umumnya adalah socket s15-pin pada bagian belakang PC.
Game bertujuan untuk menghibur, biasanya game banyak disukai oleh anak – anak hingga orang dewasa. Game termasuk kegiatan yang kompleks yang didalamnya terdapat peraturan, play dan budaya yang  sebenarnya penting untuk perkembangan otak, untuk meningkatkan konsentrasi dan melatih untuk memecahkan masalah dengan tepat dan cepat karena dalam game terdapat berbagai konflik atau masalah yang menuntut kita untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Tetapi game juga bisa merugikan karena apabila kita sudah kecanduan game kita akan lupa waktu dan akan mengganggu kegiatan atau aktifitas yang sedang kita lakukan.

SEJARAH GAME

Game telah ada sejak zaman dahulu kala bahkan ribuan tahun sebelum masehi, waaahh ternyata lama sekali. Dikarenakan game sangat berhubungan dengan semua yang berhubungan dengan sosial, seperti pekerjaan dan hubungan manusia. Dengan begitu manusia pada zaman dahulu kala akan membuat game dengan peraturan tersendiri dan setiap bangsa atau daerah mempunyai game yang berbeda-beda.
Dengan banyaknya game dari zaman ke zaman maka saya akan memberitahu gari dari generasi ke generasi yaitu :

1.      Game Generasi Pertama

Pada tahun 1972, pada saat itu orang belum mengenal konsol atau game komputer, yang mereka tahu adalah video game, yaitu sebuah permainan elektronik yang menampilkan gambar bergerak (video). Sebuah perusahaan bernama Magnavox meluncurkan video game pertama, yaitu Odyssey. Magnavox Odyssey, konsol game pertama di dunia mengoperasikan Pong. Tidak lama setelah itu sebuah game arcade legendaris Atari berjudul “Pong” muncul. Pong merupakan sebuah game sederhana yang mengambil konsep permainan tenis, satu bola dan 2 papan di kiri dan kanan, pemain sebisa mungkin harus berusaha mengembalikan bola ke daerah lawan. Atari merilis Pong dalam bentuk sebuah mesin ding dong bernama Sears.
Lalu pada tahun 1975, Magnavox menyerah dan menghentikan produksi Odyssey. Sebagai gantinya, mereka mengikuti jejak Atari, memproduksi mesin ding dong bernama Odyssey 100, yang khusus menyajikan game Pong.

2.      Game Generasi Kedua

Di Tahun 1976, perusahaan bernama Fairchild mencoba menghidupkan kembali dunia video game dengan menciptakan VES (Video Entertainment System). VES adalah mesin pertama yang disebut ”konsol”. Konsol ini menggunakan kaset magnetik yang disebut cartridge. Nah, konsep ini kemudian diikuti oleh beberapa produsen lain, termasuk Atari, Magnavox, dan RCA, ketiga perusahaan tersebut juga merilis konsol serupa.Fairchild VES, pertama di dunia yang menggunakan media cartridge.
Tahun 1977, dunia konsol menjadi tidak populer, game-game yang ada tidak berhasil menarik minat. Fairchild dan RCA mengalami kebangkrutan. Praktis, hanya ada Atari dan Magnavox yang masih bertahan di dunia video game.
Di tahun 1978, Magnavox meluncurkan Odyssey 2, seperti halnya Odyssey pertama, konsol ini pun gagal menjadi hit. Tak lama berselang, Atari meluncurkan konsol legendaris, Atari 2600, yang terkenal dengan game Space Invaders-nya. Di awal tahun 1980, berbagai produsen konsol muncul, dan mereka mengambil Atari 2600 sebagai konsep dasar, perkembangan dunia game pun semakin pesat.
Sehingga di tahun 1983, dunia video game kembali ambruk. Game-game yang kurang kreatif membuat konsol kembali mendapat sambutan dingin, apalagi, PC saat itu menjadi semakin canggih. Orang lebih memilih membeli PC ketimbang konsol video game, selain untuk bermain, PC juga produktif untuk bekerja. Game-game komputer (PC Game) semakin berkembang pesat, hingga saat ini. Pelopor PC ber-game saat itu adalah Commodore 64, konsol sekaligus personal computer yang menyediakan tampilan grafis 16-warna dan memiliki kapasitas memori jauh lebih baik dari konsol videogame model apa pun. Atari 2600, sempat hit tahun 80-an. Memiliki “adik” bernama Atari 2600 Jr.

3.      Game Generasi Ketiga

Pada tahun 1983, perusahaan bernama Famicom (Jepang) menciptakan gebrakan baru, sebuah konsol bernama Famicom/Nintendo Entertainment System (NES) dirilis di akhir 1983. Konsol ini menampilkan gambar dan animasi resolusi tinggi untuk pertama kalinya. Setelah mendapat sambutan hangat di Jepang, Famicom memperluas pemasarannya ke Amerika, yang dikenal dengan NES (Nintendo Entertainment System). Nintendo memiliki chip pengaman pada cartridge game mereka, dengan demikian seluruh game yang akan dirilis haruslah seijin developer Nintendo. Dan akhirnya, muncul sebuah game legendaris, Super Mario Brothers, yang dibintangi karakter fenomenal yang tetap eksis hingga kini, Mario.Famicom dari Nintendo, berhasil merajai pasar videogame di era generasi ketiga.

4.      Game Generasi Keempat

Pada tahun 1988, NES mendapat sambutan hangat di seluruh dunia, dan sebuah perusahaan bernama Sega mencoba menyaingi Nintendo. Sega merilis konsol next-generation mereka, Sega Mega Drive (yang juga dikenal dengan Sega Genesis). Konsol ini menyajikan gambar yang lebih tajam dan animasi yang lebih halus dibanding NES. Konsol ini cukup berhasil memberi tekanan, tetapi NES tetap bertahan dengan angka penjualan tinggi. Di tahun 1990, Nintendo kembali menggebrak dengan konsol next-gen mereka, SNES (Super Nintendo Entertainment System). Selama 4 tahun, Nintendo dan Sega menjadi bebuyutan, meskipun ada beberapa produsen seperti SNK dengan NeoGeo-nya, NEC dengan TurboGrafx-16 dan Phillips CD-i, tapi kedua konsol mereka begitu handal dan populer. Sehingga Rivalitas yang legendaris, Super NES dan Mario Brothers sebagai ikonnya melawan SEGA Mega Drive dan Sonic the Hedgehog sebagai ikonnya.

5.      Game Generasi Kelima

Dari tahun 1990-1994, Sega dan Nintendo tetap bersaing dengan ketat. Berbagai
Setahun kemudian tepatnya tahun 1994, Atari kembali meluncurkan konsol baru untuk menandingi Nintendo dan Sega. Atari Jaguar jelas jauh lebih canggih ketimbang NES maupun Mega Drive, tetapi penggunaannya yang sulit menjadi batu sandungan, belum lagi, pada tahun yang sama, Sony merilis konsol super legendaris, PlayStation. Atari bangkrut dan akhirnya melakukan merger. Konsol basis CD yang pertama kali menuai sukses adalah Sony PlayStation. Konsol Jepang ini segera mendapat sambutan hangat, dan hingga saat ini, PlayStation sudah terjual ratusan juta unit. PlayStation yang juga disebut PS-One merupakan konsol terlaris sepanjang masa. Sega dan Nintendo tampaknya menyadari ketertinggalan mereka dari Sony. Sega kemudian merilis Sega Saturn, dan Nintendo mengeluarkan Nintendo 64. Dan game ini adalah  Sony Playstation generasi pertama.

6.      Game Generasi Keenam

Setelah jatuhnya Nintendo dan Sega di tahun 1998, kini dunia konsol jadi milik Sony. PlayStation menjadi raja dan bisa dibilang tidak memiliki pesaing. Sega mencoba meluncurkan Sega Dreamcast untuk mematahkan dominasi Sony, tetapi kembali gagal, akhirnya pada tahun itu juga, Sega mengundurkan diri dari dunia produsen konsol. Sony semakin ’merajalela’ ketika mereka berhasil merilis konsol barunya, PlayStation 2, yang sudah berbasis DVD. Nintendo mencoba bertahan di dunia konsol dengan merilis GameCube. Konsol ini tidak menggunakan DVD 12 cm biasa, melainkan DVD yang berukuran lebih kecil, yaitu 8 cm. Ukuran keping medianya yang lagi-lagi nyeleneh membuat GameCube kurang populer. Satu-satunya pesaing serius PlayStation 2 adalah Xbox. Sebuah konsol keluaran Microsoft ini menggebrak dengan tampilan visual yang sangat tajam dan berkualitas yang kala itu lebih menarik dibanding dengan PlayStation 2. Sayangnya game-game Xbox ternyata tidak sepopuler PlayStation 2. Satu game Xbox yang menjadi hit dan cukup fenomenal yaitu Halo. Karena game ini udah memanfaatkan fasilitas ‘unggul’ dari Microsoft, yaitu Xbox Live.Nintendo GameCube, Microsoft Xbox, Sony Playstation 2. Diurut berdasarkan tingkat popularitasnya.

7.      Game Generasi Ketujuh

Di tahun 2005, Boleh dibilang, Xbox terlambat meluncur ke pasaran dibanding PlayStation 2, dan support game-game tenar juga sangat minim. Tetapi, Microsoft seolah belajar dari kesalahannya. Pada saat Sony masih melakukan riset untuk konsol PlayStation 3 yang menggunakan Blu-Ray, Microsoft kali ini telah mengambil seribu langkah lebih cepat. Xbox 360, konsol generasi terkini yang memanfaatkan media HD-DVD. Xbox 360 hadir dengan segudang fitur istimewa, mulai dari grafis, hingga titel-titel game terkenal. Di antaranya Best Game of The Year s2006 versi beberapa situs game terkemuka, Gears of War. Apalagi, Xbox Live semakin disempurnakan, dan mendapat sambutan luar biasa dari para gamer. Kali ini, giliran Sony yang terlambat. PlayStation 3 dirilis pada November 2006, selang seminggu sebelum Nintendo meluncurkan terobosannya, yaitu Nintendo Wii. Posisi PlayStation 3 kurang menguntungkan, selain karena Xbox 360 sudah keburu tenar duluan, Wii juga menawarkan inovasi pada stik kontrol mereka yang ’motion sensitive’. Apalagi, harga konsol terbaru Sony itu merupakan yang paling mahal dibanding dua pesaingnya. Alhasil, penjualan PlayStation 3 menjadi yang terendah di bawah Xbox 360 dan Wii.Xbox 360, Wii, Playstation 3, menjadi pesaing tetap dari generasi sebelumnya.

8.      Game Generasi Handleheld

Semakin Merebaknya game membuat berbagai perusahaan elektronik berusaha membuat terobosan baru. Di antaranya adalah membuat sebuah mesin game berukuran kecil, yang bisa dibawa ke mana pun. Belakangan, konsol pun dibuat mini, serupa dengan handheld, tentu saja, ini merupakan sebagian terobosan besar yang tidak boleh dilupakan dalam sejarah game.
Sejarah video game saku ini bermula di tahun 1976-1979, beberapa piranti dari Mattel dirilis ke pasaran, tetapi tidak begitu populer. Demikian pula dengan handheld buatan Milton Bradley yang dilempar ke pasaran.
Perusahaan-perusahaan Jepang mulai merambah pasar handheld, tetapi tetap sama saja hasilnya. Hal ini terus berlanjut hingga 1984. Pada waktu itu, sebuah nama yang tentu tidak asing sampe sekarang, Game Boy, muncul. Handheld buatan Nintendo ini begitu diminati dan dinobatkan sebagai handheld pertama di dunia yang angka penjualannya boleh dikatakan sukses.Atari mengakhiri era handheld hitam putih. Produk andalannya, Atari Lynx, membawa dimensi baru. Ini handheld pertama yang mampu menampilkan warna, sekaligus animasi 3D yang sederhana.
Di tahun 1990  dunia handheld semakin menggila, NEC, perusahaan elektronik terkemuka di Jepang membuat handheld yang mampu merender animasi 3D lebih kompleks, karena menerapkan konsep grafis 3D untuk PC (personal computer).
Handheld beda generasi: 1. Sony PSP, 2. GamePark XGP, 3. GamePark GP32, 4. Atari Lynx, dan 5. NEC TurboExpress.
Semenjak tahun tersebut, produsen game semakin gencar melakukan riset untuk handheld. Sega merilis Game Gear dan setahun berselang, Nintendo memperbarui produknya dengan Super Game Boy. Bahkan, Sega memproduksi handheld tanpa layar, Mega Jet, untuk diimplementasikan di pesawat terbang guna menghibur penumpangnya. Nintendo Virtual Boy menyusul, lengkap dengan kacamata 3D-nya, yang sekarang banyak ditiru untuk pelengkap berbagai paket produk grafis 3D.
Di tahun  1995 ada ide untuk mengecilkan ukuran konsol, dimulai dari Sega Nomad. Konsol ini membutuhkan cartridges Sega Mega Drive, tetapi ukurannya kecil, maka dari itu tergolong handheld. Sehingga muncul Neo Geo Pocket, disusul oleh beberapa variasi Game Boy Pocket dan Game Boy Color, yang terus berinovasi tiap tahunnya.Lalu Sony merilis PocketStation dan memberikan kejutan besar di dunia konsol. Handheld ini memiliki kualitas visual yang jauh lebih baik dibanding handheld lain yang ada di pasaran. Salah satu pentolan Nintendo, Gumpei Yokoi, memutuskan untuk keluar dan bergabung dengan Bandai, kemudian merilis WonderSwan dan WonderSwan Color. Nokia NGage QD, usaha pabrikan ponsel Nokia merambah industri game.
Game Park GP32 muncul. Handheld buatan Korea ini sangat unik, selain fitur multimedia, pemiliknya bisa mendesain aplikasi dan game sendiri untuk GP32. Nintendo juga merilis Game Boy Advance pada tahun yansg sama. Bahkan, Nokia produsen ponsel yang tidak asing bagi Anda, merilis handheld Nokia N-Gage. Ini merupakan ponsel sekaligus piranti game yang lengkap dengan fitur-fitur multimedia dan interkonektivitas, seperti Bluetooth. Dan juga pada tahun ini, dirilis Game Boy Advance SP .Di tahun  2004-2006 Sony merilis handheld pertama yang menggunakan cakram bernama PSP dan dibarengi dengan hadirnya Nintendo DS, yang menggunakan konsep dual screen (layar ganda). Disusul oleh Game Boy Micro dan Game Park XGP. Nintendo DS Lite dan Pelican VG Pocket Caplet.

CATUR GAME ATAU TIDAK???



Pada awalnya Catur adalah permainan Strategi dan mental  yang dimainkan oleh dua orang. Pecatur adalah orang yang memainkan catur, baik dalam pertandingan satu lawan satu maupun satu melawan banyak orang (dalam keadaan informal). Sebelum bertanding, pecatur memilih biji catur yang akan ia mainkan. Terdapat dua warna yang membedakan bidak atau biji catur, yaitu hitam dan putih. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian sampai permainan selesai.
Permainan dilangsungkan di atas papan yang terdiri dari 8 lajur dan 8 baris kotak/petak berwarna hitam dan putih (atau terang dan gelap) secara berselang seling. Permainan dimulai dengan 16 buah pada masing-masing pihak, yang disusun berbaris secara khusus pada masing-masing sisi papan catur secara berhadap-hadapan. Satu buah hanya bisa menempati satu petak. Pada bagian terdepan masing-masing barisan - terdapat 8 pion, diikuti di belakangnya dua benteng, dua kuda (dalam bahasa Inggris disebut knight-ksatria), dua gajah (dalam bahasa Inggris disebut bishop-uskup), satu menteri atau ratu atau ster, serta satu raja.
Dalam Game yang sering kita ketahui, apakah Catur ini termasuk kedalam kategori game?
Menurut saya, catur merupakan salah satu Game akan tetapi berbeda dalam tipe game nya. Banyak orang yang memeberikan tipe game atau genre game berbeda-beda, sehingga genre game dapat dilihat dari sudut yang berbeda-beda selama perkembangan game, misalnya Sebuah game bisa dikarakteristikan dari apa pemain lakukan. Sehingga jika kita melihat kategori board game, catur merupakan kategori board game karena pengertian dari board game sama dengan catur dan juga permainan lainnya yang melibatkan papan (seperti, igo, othello, checkers, dll).


Link     : http://id.wikipedia.org/wiki/Catur

Make Conclusions

Grafik,bitmap,vektor dan octer

Grafik adalah lukisan dengan gambar/garis untuk mengetahui naik turunnya suatu keadaan. Sedangkan Vektor adalah jenis besaran yang mempunyai nilai dan arah. Besaran yang termasuk besaran vektor antara lain perpindahan, gaya, kecepatan, percepatan, dan lain-lain. Sebuah vektor digambarkan sebagai sebuah ruas garis berarah yang mempunyai titik tangkap (titik pangkal) sebagai tempat permulaan vektor itu bekerja. Panjang garis menunjukkan nilai vektor dan arah panah menunjukkan arah vektor itu bekerja. Garis yang melalui vektor tersebut dinamakan garis kerja.
Octet adalah sebuah unit informasi digital dalam komputasi dan telekomunikasi yang terdiri dari delapan bit. Oktet berasal dari kata octo awalan numerik Latin dan Yunani, yang berarti delapan. Octet sering diungkapkan dan ditampilkan menggunakan berbagai representasi, misalnya dalam heksadesimal, desimal, atau sistem nomor oktal. Octet juga digunakan dalam representasi IP pada alamat jaringan komputer. Sebuah alamat IPv4 terdiri dari empat octet, biasanya ditampilkan dalam serangkaian angka-angka desimal dari 0 sampai 255, masing-masing dipisahkan oleh titik (dot ).
Byte adalah bukan unit standarisasi ukuran penyimpan dalam komputasi tetapi telah mewakili dalam berbagai ukuran penyimpanan dalam sejarah komputasi. Namun, karena pengaruh dari beberapa arsitektur komputer besar dan lini produk, byte menjadi sangat terkait dengan 8 bit. Sedangkan untuk kebanyakan orang menyebut byte dan octet adalah sama.
Bitmap adalah representasi dari citra grafis yang terdiri dari susunan titik yang tersimpan di memori komputer.,yang dikembangkan oleh Microsoft dan nilai setiap titik diawali oleh satu bit data untuk gambar hitam putih, atau lebih bagi gambar berwarna.Jenis gambar bitmap ini merupakan jenis gambar digital 2 dimensi yang terbentuk dari gabungan banyak objek (pixel). Untuk membentuk sebuah garis atau objek segi empat dibutuhkan kumpulan dari beberapa pixel yang disatukan. Contoh bentukan dari jenis gambar bitmap ini seperti foto. Program grafis yang biasa digunakan oleh designer grafis di Indonesia untuk mengedit jenis gambar bitmap yaitu : Photoshop, Photopaint, Microsoft Paint Output file dari jenis gambar bitmap ini biasanya adalah berformat .jpg .tif .png .bmp .gif  

Warna Pelangi

Tujuh warna pelangi yang ada membantu kita memperkuat kekuatan spiritual kita. Tidak hanya mereka bergetar di permukaan bumi pada saat menjalar, tapi ketujuh warna ini menggetarkan semua bagian dari alam dengan energi yang tidak pernah berhenti. Getaran warna ini akan menciptakan kekuatan dengan fungsi dan tujuan masing-masing.Kesatuan Warna Primer, warna utama inilah yang merupakan unsur pembentu sinar putih. Merah, Kuning dan Biru. Ketika warna ini memiliki kontribusi terhadap kondisi perkembangan fisik, mental dan spiritual kita.

Arti dari masing2 Sinar antara lain adalah:

Biru: SPIRITUALITAS
Warna benda yang jauh dari kita: lautan, angkasa, langit. Energi
Warna biru akan membantu kita melihat lebih dari sekeliling kita, dan memperluas persepsi kita.
  1. Biru adalah warna Nasib, yang membawa: 
  2. Kedamaian dan Pengertian 
  3.  Memperbaiki komunikasi 
  4. Menenangkan 

Kuning: KEBIJAKSANAAN 
Warna kuning biasanya diasosiasikan dengan matahari, sehingga warna ini akan membantu kita dalam kehidupan dan memperbaiki energi. Warna kuning memperkaya, meringankan dan mengaktifkan sistem2 dalam tubuh kita.
  1. Kuning adalah warna matahari yang membawa: 
  2. Kejelasan pikiran 
  3. Keteraturan 
  4. Perbaikan emosi 
  5. Kemampuan dalam mengambil keputusan 
  6. Mengurangi kebingunan. 

Merah: VITALITAS 
Warna merah adalah warna dengan panjang gelombang terjauh, dan paling mendekati sinar inframerah.
  1. Merah akan memperbaiki kondisi fisik kita dan membawa: 
  2. Energi 
  3. Antusiasme 
  4. Ketertarikan 
  5. Rasa aman.
Dari ketiga warna ini akan muncul harmonisasi yang menimbulkan warna-warna baru dalam tubuh anda. Dari ketiga warna utama ini lah akan ada beberapa warna sekunder berikutnya


Oranye: ENERGI KREATIF 
Oranye yang adalah gabungan antara merah dan kuning yang membawa kekuatan energi merah yang membara dan pengendalian dan kebijaksanaan kuning. Oranye, seperti halnya merah, adalah energi dinamis yang lenih terkendali dan lebih "terdidik" .
Oranye akan membawa:
  1.  Kreatifitas 
  2. Keceriaan 
  3. Kelepasan dari rasa bosan 
  4. Keseimbangan

Hijau: KEHIDUPAN, KESEIMBANGAN, ALAM
Hijau adalah gabungan antara kuning (pikiran) dan biru (spirit). Dan terletak persis ditengah keseimbangan warna. Warna hijau ini memiliki banyak variasi, dan variasinyalah yang paling banyak bisa ditangkap oleh mata manusia.
Hijau akan membawa:
  1.  Harmoni 
  2. Simpati 
  3. Kesehatan 
  4. Kekayaan 
  5. Keseimbangan 
  6. Pertumbuhan.

Indigo: TANPA BATAS
Indigo memperkuat energi biru. Pada level fisik, biru akan menenangkan, dan indigo akan membuat kita tertidur. Indigo akan memperdalam efek warna biru dan mengarahkan energi biru ke dalam. Indigo akan membawa
  1. Keterbukaan terhadap kesadaran 
  2. Kemajuan spiritual 
  3. Pengendalian diri 
  4. Kebijaksanaan 
  5. Kesadaran 
  6. Intuisi 
  7. Kemampuan supranatural. 

Violet: PENGUASAAN SPIRITUAL TERTINGGI. 
Violet adalah sinar penguasaan spiritual. Sebagai gabungan antara biru dan merah, energi yang dibawa oleh sinar violet bersifat stabil dan kuat.
Violet akan membawa:
  1. Kesengsaraan - jika violet yang ada berwarna sangat gelap. 
  2. Pencapaian spiritual tingkat tinggi 
  3. Warna violet yang pucat, yang membawa rasa cinta akan kemanusiaan 
  4. Warna violet yang mendekat ke biru akan membawa idealisme. 
  5. Membawa imajinasi dan inspirasi. 
  6. Menggabungkan energi lain untuk tujuan penyembuhan  

Membuat Object Pada Blender

program Blender dengan sebuah objek Box di tengah. Biasanya pada aplikasi ini akan terjadi perbedaan tampilan yang dikarenakan perbedaan skema warna . Dalam pengaplikasian blender untuk melakukan berbagai aksi kita ditunjang oleh shortcut pada keyboard yang nantinya kita sering pergunakan dalam berinterkasi dengan blender..


Langkah awal …. Kemudian tekan X (del) dan klik erase untuk menghapus objek box yang ada di tengah. Sebelum melangkah ke tahap selanjutnya atur pandangan anda pada posisi Top (atas), jika belum, tekan tombol Num7 untuk kembali ke Top view kemudian tekan space dan pilih Add > Mesh > UVsphere dan pilih segments 10 dan rings 10. Jika sesuai akan muncul objek berbentuk bola dengan jumlah lintang dan bujur masing-masing 10.


Dalam kondisi terblok semua tekan W lalu piih Subdivide Multi Fractal, number of cuts 2, Random Factor sekitar 10 - 15. Sekarang tiap garis (edges) yang ada telah terbagi jadi 3 secara acak. Pilih 5 dari garis bujur yang ada sehingga bola terbagi 5 dengan besar sama , untuk mempermudah tahan Alt dan tekan pula tombol mouse kanan sehingga terpilih satu garis bujur lalu sambil menekan shift pilih lagi garis yang lain (sambil tetap menekan Alt juga). Jika anda melakukan kesalahan yang tidak disengaja bisa diulangi dengan menekan U (undo) atau A untuk batal memilih / deselect.


Aplikasi Blender menggunakan tombol mouse kanan untuk melakukan seleksi, untuk merubah menjadi tombol kiri caranya adalah dengan menggeser jendela User Preferences (yang ada di atas) ke bawah lalu klik pada tab View & Control hingga muncul berbagai opsi. Di bagian Select With: pilih Left Button. bayangkan terdiri atas 5 bagian kita akan memodifikasi bentuk sedikit. Tekan O untuk mengaktifkan proportional editing dan tekan S dan geser mouse ke dalam tapi jangan klik mouse. Putar scroll wheel mouse sewaktu merubah ukuran sehingga lingkaran di tengah mengecil 1/5 ukuran bola, ini untuk merubah faktor proportional ukuran terhadap vertex lainnya. Sekarang geser mouse sehingga ukuran dengan skala 0,8 dan klik. Sekarang bentuk objek sudah lebih proporsional.


Tekan A untuk deselect, lalu tekan lagi untuk memlih semua (select all). Ini trik “ajaibnya”. Sekarang tekan E untuk extrude keluar dan pilih only vertice dan tekan Esc. Akan terlihat banyak vertice yang terpilih di sekitar objek. Tekan O untuk mematikan proportional editing. Tekan S dan perbesar vertice tadi dengan skala 1,3. Sekarang terlihat banyak duri-duri tipis yang mencuat.


Kembali ke objek mode (Tab). Lihat pada Buttons Window lalu pilih Add modifier > Subsurf. Nah, sekarang garis tipis tersebut terlihat seperti duri betulan kan? Kalau bentuknya msih kasar, itu disebabkan level subsurf adalah 1, ini tidak jadi masalah karena render level subsurf secara default adalah 2, yang berarti lebih halus saat dirender. Untuk merender kita lakukan dengan menekan F12.


Tips: Merender sebuah scene dalam blender tergantung view pada viewport camera. Ini berarti pandangan akan ditentukan oleh posisi dan arah kamera. Untuk melhat pada viewport camera tekan tombol Num0 (nol). Ubah bentuk objek yang masih seperti bola dengan menekan S lalu Z, ini akan merubah ukuran objek secara vertikal, ubah dengan skala 1,1. Kembali ke Edit mode (Tab) terlihat vertice yang masih dalam keadaan terpilih. Tekan S lalu Z dan ubah dengan skala 0,7.

sekarang objek durian anda telah selesai, setelah kita lakukan penyesuaian pada material maka akan didapatkan hasil yang seperti ini :


Etoys (Education Toy System)

Etoys yang saya gunakan dalam membuat project ini adalah etoys adalah sebuah bahasa pemrograman berorientasikan objek berbasis prototipe dimana etoys ini digunakan untuk anak berusia 3-4 tahun untuk meransang perkembangan otak anak tersebut. etoys ini mudah untuk dipelajari dan sangat cocok untuk usia 3-4 tahun dimana etoys ini dapat merangsang otak anak tersebut dan menurut saya kenapa tidak digunakan juga pada anak indonesia karna etoys ini sangat bagus untuk anak dikalangan 3-4 tahun dan dapat mengekspresikan diri mereka melalui gambar yang mereka buat. semoga project kali ini dapat bermanfaat untuk kita semuapada postingan kali ini saya akan membahas apa itu etoys dan bagaimana cara pembuatan etoys sebelumnya saya akan membahas apa itu etoys. etoys adalah sebuah bahasa pemrograman yang berorietansikan objek berbasis prototipe dan etoys ini digunakan digunakan oleh elementary school di amerika. kali ini saya akan memberikan contoh animasi sederhana yaitu pesawat. berikut stepnya dalam pembuatan pesawatnya pertama kita buka dahulu etoys dan akan muncul gambar seperti berikut


setelah itu klik make a new project maka akan keluar tampilan sebagai berikut


setelah kita mengklik make a new project selanjutnya kita akan memulai untuk menggambar apa yang akan kita buat dalam animasi ini dalam project ini saya akan membuat sebuah pesawat berikut tampilannya


setelah keluar tampilan maka selanjutnya kita akan memulai gambar apa saja yang kita inginkan melalui tool yang ada pada sebelah kanan


Dalam project kali ini tanggapan saya tentang etoys adalah dalam bahasa pemrograman berorientasi objek berbasis prototipe ini cukup mudah dimana dalam etoys ini tidak terdapat kodingan dan sangat tepat sesuai dengan anak umur 3-4 tahun dalam membuat animasi dan tentunya anak umur 3-4 tahun sangat suka dengan animasi jangankan anak umur 3-4 tahun saya kira umur belasan hingga puluhan pun ada juga yang suka dengan animasi dan menurut saya etoys ini dimana dalam negara amerika digunakan pada anak umur 3-4 tahun berguna untuk merangsang pertumbuhan otaknya sehingga dapat berimajinasi sesuai perkembangannya. berikut flowchartnya



Link : http://www.updowner.com/297/belajar-membuat-web-profesional.htm http://1a1b1c1.wordpress.com/2011/12/19/tutorial-membuat- bone-sederhana-dan-menyatukannya-dgn-objek-pada-blender-untuk-pemula/ http://kartolocyber.blogspot.com/2010/01/cara-membuat-grafik-pada-ms-excel.html

Racetrack Menggunakan Etoys

Etoys adalah sebuah software yang digunakan oleh anak usia 3-4 tahun, bahasa pemrograman yang di gunakan berorientasi objek berbasis prototipe digunakan untuk pendidikan . Etoys adalah script model objek untuk objek yang berbeda yang bias berjalan pada platform yang berbeda dan open source . Etoy merupakan sebuah program ramah lingkungan yang dirancang untuk anak-anak. etoy ini merupakan sebuah bahasa pemrograman prototype yang berorienatsi objek dan banyak digunakan didalam bidang pendidikan. Etoy merupakan sebuah model objek scripted untuk objek yang berbeda yang berjalan pada platform yang berbeda dan juga bersifat opensource. Pembangunan etoy terinspirasi dan dirancang oleh Alan Kay dalam sebuah karyanya yang bertujuan untuk memajukan dan mendukung pembelajaran konstruksionis. Pengaruh lain yang membantu dalam pembangunan etoy ini adalah Seymour Papert dengan bahasa pemrograman Logo, Dialek Lisp yang dioptimalkan untuk penggunaan pendidikan dan kerja yang dilakukan di Xerox Palo Alto Research Center, PARC, Smalltalk, HyperCard, dan StarLogo . Promosi dan pengembangan untuk versi Squeak Etoys dilakukan oleh Viewpoints Research Institute yang merupakan sebuah pendidikan AS nirlaba. Sistem Etoys didasarkan pada gagasan diprogram maya entitas berperilaku pada layar komputer. Etoys menyediakan media yang kaya authoring lingkungan dengan model, objek sederhana kuat ditulis untuk berbagai jenis objek yang dibuat oleh pengguna-akhir. Ini termasuk 2D dan 3D grafis , gambar , teks , partikel, presentasi, halaman web, video , suara dan MIDI , kemampuan untuk berbagi desktop dengan pengguna lain di Etoy real-time , begitu banyak bentuk mendalam mentoring dan bermain dapat dilakukan melalui internet . Hal ini multibahasa , dan telah digunakan dengan sukses di Amerika Serikat , Eropa , Amerika Selatan , Jepang , Korea , India , Nepal , Etiopia , dan di tempat lain. Berikut ini adalah merupakan contoh penggunaan dari etoy yaitu racetrack, dimana terdapat sebuah object mobil dan sebuah track. object mobil tersebut akan bergerak sesuai dengan track yang berwarna abu-abu. Bila object mobil tersebut menyentuh object berwarna hijau yang berada di sebelah kirinya maka otomatis object mobil tersebut akan menghindarinya dengan berbelok kekanan dan sebaliknya bila object mobil tersebut menyentuh object berwarna hijau yang berada di sebelah kananya maka otomatis object mobil tersebut akan menghindarinya dengan berbelok kekiri sehingga mobil tersebut akan tetap pada jalurnya ang berwarna abu-abu. Saya akan menjelaskan langkah-langkah membuat racetrack . Ini adalah bentuk flowchartnya :
Langkah-langkah dalam pembuatan Racetrack : 1. Buka Program Etoys Silahkan jika ingin mendownload di http://www.squeakland.org/download/ 2. Pilih make Project 3. Buat objek garis memutar , Pilih Make a painting yang terletak diatas. Jika gambar telah siap klik Keep.
4. Klik kanan pada object, lalu pilih Open viewer for me. 5. Edit Scriptnya
6. Lakukan langkah ke 5 pada garis 7. Lalu buat model mobil 8. Buat Finish Line startRace button dan edit Scriptnya 9. Hasilnya maka akan seperti ini.
http://en.wikipedia.org/wiki/Etoys_%28programming_language%29

Tutorial Pembuatan Model Menggunakan Blender

Hallo kawan, selamat berkunjung di blog saya. Sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu blender. Blender adalah perangkat lunak pengolahan 3 dimensi yang gratis. Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti Microsoft Windows, Mac OS X, Linux, IRIX, Solaris, NetBSD, FreeBSD, dan OpenBSD. Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja. Blender menggunakan bahasa pyton. Blender dapat di jalankan di berbagai system operasi operasi seperti Windows, Linux, FreeBSD, dan Mac OS X. software ini di buat oleh Ton Roosendaal. Yang di releas pada tahun 1995. Software ini berbeda dengan tools 3D yang lain. Selain tools ini bersifat opensource tapi tools ini juga mudah di gunakan dan kualitas hasilnya setara dengan software berbayar. Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana membuat lampu belajar sederhana. Berikut ini akan dijelaskan cara pembuatan objek dengan menggunakan Blender 1. tahap pertama adalah membuat objek lampu belajarnya terlebih dahulu. 2. Buka aplikasi blendernya, kemudian buka lembar project baru. Biasanya sudah terdapat object mesh berupa kubus. Object tersebut kita hapus terlebih dahulu dengan klik kanan pada object, kemudian tekan delete. 3. Masukkan sebuah mesh cone
4. Cone ini akan kita gunakan untuk kepala lampu. Sebelumnya posisikan cone tersebut ke dalam posisi dimana X = 0, Y = 0, dan Z = 0. Tujuannya agar cone tersebut berada pada posisi tepat ditengah. Ubah object mode ke dalam edit mode dengan menekan tombol tab pada keyboard. Kemudian pilih subdivide pada mesh tools. Fungsi dari tool ini adalah untuk memperbanyak vertex pada objek. Lakukan subdivide hingga vertex pada cone seperti ini
5. Kemudian kita seleksi vertex pada bagian kepala cone saja. Caranya dengan menekan B pada keyboard, kemudian drag vertex yang ingin diseleksi. Pastikan tidak ada vertex yang tersisa pada bagian yang seharusnya diseleksi. Untuk mengubah posisi sudut pandang caranya dengan menekan scroll pada mouse, kemudian ubah sudut pandang dengan menggeser mouse.
6. Jika sudah diseleksi, tekan delete pada keyboard dan pilih vertices. 7. Kembali ke object mode dengan menekan tab. Kemudian masukkan objek bola dengan cara add – mesh – UV Sphere. Sekarang adalah bagaimana menggabungkan bola tadi dengan tempurung lampu yang sudah kita buat menjadi kepala dari lampu belajar. Jangan lupa posisi bola tadi pastikan pada koordinat X = 0, Y = 0, dan Z = 0. Sesuaikan ukuran bola tadi dengan lubang atas cone. Untuk mengubah ukuran object, gunakan object pada kolom mesh tools.
8. Setelah itu adalah penggabungan kedua objek tadi. Sebelumnya pastikan kita ada dalam object mode. klik object bola, kemudian tekan shift, dan klik object cone, klik join pada object tools. Sekarang dua object tadi sudah tergabung menjadi satu object. Sekarang kita “sisihkan” dulu tempurung tadi ke tepi lembar kerja agar tidak mengganggu pada pengerjaan object selanjutnya. 9. Sekarang kita akan membuat semacam lingkaran untuk bagian bawah lampu. Pertama masukkan sebuah object lingkaran. Caranya add-mesh-circle. Setelah muncul object lingkaran, ubah koordinatnya menjadi di tengah. Caranya dengan mengganti koordinat X, Y, dan Z menjadi 0. Setelah tampilan kurang lebih sudah seperti di bawah ini, sekarang kita gunakan tool extrude.
10. Caranya adalah ubah dulu posisi kita dari object mode ke edit mode dengan menekan tombol tab pada keyboard. Setelah itu klik tool tombol E pada keyboard sebagai tombol shortcut untuk tool extrude. Tarik ke atas sedikit object tadi hingga seperti di bawah ini. (Tampilan sudah dalam posisi object mode)
11. Selanjutnya kita akan membuat ujung dari lingkaran ini agak meruncing ke atas membentuk sudut. Duplikat object yang telah kita buat ini. Caranya seleksi dulu object ini dengan klik kanan, kemudian klik tool duplicate di sebelah kiri. Tarik ke atas object awal tetapi masih dalam posisi menempel atau jangan sampai terpisah. Contohnya seperti pada tampilan berikut ini 12. Selanjutnya masuk ke edit mode. Pastikan semua vertex object sudah diseleksi. Lalu gunakan tool scale pada mesh tools. Buat agar object tadi agak meruncing ke atas, tetapi sisakan ruang sedikit untuk nanti menggabungkan object ini dengan kaki-kaki lampu. Kurang lebih seperti di bawah ini. 13. Kembali ke object mode untuk menggabungkan dua object tersebut menjadi satu object. Caranya sama seperti sebelumnya, yaitu seleksi dua object tadi dengan menggunakan tombol shift, kemudian pilih tool join. Lalu “sisihkan” object ini untuk membuat object selanjutnya. 14. Selanjutnya kita akan membuat bagian kaki-kaki dari lampu. Masukkan objek lingkaran / circle. Caranya sama dengan sebelumnya yaitu add-mesh-circle 15. Kemudian perkecil ukuran object lingkaran tersebut dengan menggunakan tool scale hingga ukurannya cukup pas sebagai kaki-kaki. Caranya adalah membandingkan pipa kaki-kaki ini dengan lingkaran alas yang telah kita buat sebelumnya. 16. Masuk ke edit mode untuk menggunakan tool extrude. Tarik object lingkaran tadi hingga membentuk object seperti pipa. Jika dirasa diameter pipa masih terlalu besar, perkecil lagi dengan menggunakan tool scale.
17. Jika sudah, kembali ke object mode. Duplikat oject pipa tadi menjadi dua. Kemudian rotasikan object yang baru menjadi berlawanan arah dengan object sebelumnya. Gabungkan dua object tersebut seperti pada gambar di bawah ini.
18. Jangan gunakan tool join karena penggabungan ini masih akan mengalami perubahan. Lihat dari berbagai view (front, back, left, right) apakah penggabungan ini sudah sempurna atau belum. Biasanya koordinatnya atau kelihatan tidak sesuai jika dilihat dari view yang berbeda. Setelah itu kita akan membuat semacam object yang biasa kita lihat pada lampu belajar sebagai penghubung atau sendi pada kaki-kakinya. Caranya adalah masukkan object tabung/tube. Caranya add-mesh-tube.
19. Kemudian perkecil ukuran tabung tadi hingga diameternya sedikit lebih besar dari ukuran pipa.Seperti pada tampilan di bawah ini. 20. Kemudian perkecil ukuran tabung tadi hingga diameternya sedikit lebih besar dari ukuran pipa.Seperti pada tampilan di bawah ini.
21. Setelah itu rotasikan object ini menggunakan tool rotate hingga menjadi seperti tampilan di bawah ini. 22. Rotasikan hingga posisi tabung tadi hingga sesuai dengan posisi kaki-kaki. Atur koordinatnya hingga searah dengan kaki-kaki pada koordinat garis hijau. Untuk lebih jelasnya lihat pada tampilah di bawah ini. 23. Kemudian gabungkan dengan menggeser object tabung tadi hingga menyerupai sendi pada lampu belajar 24. Selanjutnya kita akan membuat semacam bantalan untuk ujung-ujung pipa pada kaki-kaki lampu. Duplikat saja object sendi pipa tadi menjadi dua. Ganti warnanya menjadi warna abu-abu. Kemudian ubah ukuran diameternya menggunakan tool scale dan ubah rotasinya menjadi menghadap ke arah ujung pipa, seperti pada tampilan di bawah ini.
25. Jika sudah, ubah object tersebut menjadi halus ataulebih realistis. Caranya dengan seleksi object tersebut, kemudian masuk ke edit mode. 26. Klik tool remove doubles untuk menghapus vertex-vertex yang tidak perlu. Kemudian kembali ke object mode, dan pilih smooth mode pada kolom object tools sebelah kiri. Sesuaikan ukuran bantalan dengan tool scale. Dan ubah koordinatnya untuk digabungkan dengan pipa bagian bawah. 27. Gabungkan bantalan tersebut tanpa menggunakan join. Sesuaikan penggabungannya (koordinat) hinggak kelihatan realistis. 28. Setelah selesai, tarik kembali object tempurung dan alas yang telah kita buat sebelumnya. Gabungkan dengan koordiant yang sesuai hingga menjadi bentuk lampu belajar.
29 . Selanjutnya adalah pembuatan bohlam untuk lampu belajar ini. Caranya dengan menggunakan mesh UV Sphere atau bola. Masukkan ibject tersebut terlebih dahulu dengan cara add-mesh-UV sphere 30. Selanjutnya buat object bola tersebut menjadi agak lonjong atau elips dengan tool scale. Klik scroll pada mouse untuk mengubah pola pada object hingga object bisa menjadi elips.
31 . Sekarang sesuaikan ukuran bohlam tadi dengan tempurung. Disini saya membuat ujung dari bohlam tersebut. Caranya sama seperti pada pembuatan bantalan untuk kaki-kaki. Atur koordinat dari bohlam dan ujungnya kemudian gabungkan kedua object tersebuat dengan menggunakan tool join. Setelah itu gabungkan dengan object lampu belajar. Pastikan koordinat penggabungannya sesuai. Jangan lupa cek dari berbagai view untuk memastikannya.
32. Jika sudah, cobalah untuk dirender lagi untuk melihat tampilan aslinya. Jika ingin mengubah viewnya, ubah koordinat kamera yang ada pada layer kerja.
http://tiezdimas.blogspot.com/2011_01_01_archive.html