E- BUSINESS




E-Business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik. E-business tidak hanya menyangkut perdagangan elektronik atau e-commerce saja. Dalam hal ini, e-commerce lebih merupakan sub bagian dari e-business.
 E-business meliputi segala macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik, termasuk pemasaran Internet. Sebagai bagian dari e-business, e-commerce lebih berfokus pada kegiatan transaksi bisnis lewat www atau Internet. Dengan menggunakan sistem manajemen pengetahuan, e-commerce mempunyai goal untuk menambah revenu dari perusahaan.
E-business berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis. E-business memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi di antaranya. Salah satu contoh perusahaan yang menggunakan konsep e-Business adalah air asia.

Home page Air Asia 






Pada menu pertama berisi iklan mengenai promo maupun fasilitas yang diberikan oleh perusahaan air asia.






Pada menu ini pengunjung web dapat membaca pada bagian kiri home page Air Asia. Misalnya pemesanan  tiket, jadwal penerbangan, hotel dan tur, dsb  

Pada menu ini pengunjung dapat memilih jadwal keberangkatan sendiri. Air asia juga menyediakan tiket pulang pergi,  Misalnya pengunjung dapat  memilih tanggal keberangkatan dari  jakarta dan kota tujuan, lalu nanti secara otomatis akan ditampilkan harga tarif yang dipilih  oleh peumpang air asia.






Cargo adalah bagian yang harus anda perhatikan. Karena apabila anda memilih cargo untuk barang bawawan anda sebelum berangkat akan dikenakan cash harga yang lebih murah dibandingkan anda nantinya akan kena bagasi tambahan langsung di bandara.  Setiap rute penerbangan tentunya harga cargo akan berbeda-beda.






Selanjutnya anda diharuskan untuk login sebagai calon penumpang Air Asia, dimana login tersebut anda akan diminta transfer melalui credit card







Apabila anda sudah melogin dan sudah memastikan tanggal keberangkatan dan kepulangan ke tanah air, maka nanti Air Asia akan menampilkan total pesanan anda.






Pada home page Air Asia juga menyediakan bantuan dan call center bagi para pelanggan yang mengalami kesulitan dalam login ataupun lainnya. 















Referensi         :           http://www.airasia.com/id/en/home.page
















Tidak ada komentar: